Jumat, 20 April 2012

Mencatat dan Melihat Laporan Transaksi Penjualan Harian/Mingguan untuk masing-masing Outlet/Toko/Cabang/sejenisnya (Bagian – 1)

Jika Anda adalah pemilik perusahaan retail/dagang, tentunya Anda ingin mengetahui berapa banyak transaksi penjualan yang terjadi tiap hari atau tiap minggu di masing-masing outlet/toko/cabang dari usaha Anda.
Begitu juga bila Anda adalah manajer atau staf akuntansi yang bekerja di perusahaan retail/dagang, tentunya Anda ingin dapat memasukkan transaksi penjualan harian atau mingguan dari masing-masing outlet/toko/cabang tersebut ke dalam Program ACCURATE.

ACCURATE – Accounting Software menyediakan fasilitas tersebut hanya di versi Deluxe dan Enterprise dengan menggunakan fasilitas Departemen

Caranya adalah sebagai berikut :
Bagian I. Memasukkan Transaksi Penjualan masing-masing Outlet/Toko/Cabang

1. Pertama kali kita memasukkan terlebih dahulu nama-nama outlet/toko/cabang dengan
menggunakan fitur Departemen, dengan cara klik “Daftar/List“, klik
“Departemen/Department “, klik “Baru/New“ dan masukkan namanya.
2. Setelah itu, kita mengganti kata “Departemen/Department“ menjadi kata
“Outlet/Toko/Cabang” di form “Pesanan Penjualan/Sales Order” atau “Surat
Jalan/Delivery Order” atau di “ Faktur Penjualan/Sales Invoice”
Caranya adalah :
a. klik “Persiapan/Setup “, klik “Rancangan Formulir/Form Template“, kemudian klik
di Kolom Tipe Rancangan : “Faktur Penjualan/Sales Invoice“ (saya ambil contoh
form tersebut. Anda bisa juga mengedit di form “Surat Jalan/Delivery Order” dan
“Pesanan Penjualan/Sales Order”)
b. Setelah Anda sorot form di bagian “Nama/Name“, double klik, kemudian Anda klik
bagian “Detil/Detail“.
Di Windows “Detil/Detail“, carilah baris yang berisi kata
“Departemen/Department“.
Gantilah kata “Departemen/Department“ di kotak putih dengan kata
“Outlet/Toko/Cabang.”
Anda klik kotak kosong di kolom “Cetak/ “ di baris “Departement/ “
c. Kemudian itu Anda klik kotak “Desain/Design“ di sebelah kanan.
Akan muncul Windows “Designer–Sales Invoice”. Aturlah tampilan halaman jika
kolom “Outlet/Toko/Cabang” terpotong.

Cara mengaturnya adalah : klik “File” di bagian kiri atas, kemudian klik “Page
Options”.
Anda bisa memilih di kotak “Size” ukuran kertas yang Anda mau.
Jika Anda memilih “Custom” di kotak tersebut, Anda harus memasukkan angka di
kotak “Width” dan “Height”.
Setelah itu Anda klik OK.

Anda bisa juga mengatur kata “Outlet/Cabang/Toko” tersebut baik ukuran hurufnya,
ketebalannya, kemiringannya atau yang lainnya.
Setelah selesai, klik kotak “Close” di bagian atas.
Akan muncul kotak “Confirmation” dan Anda klik “Yes”.
Setelah itu Anda keluar dari Kolom Pilihan Rancangan Form dan Anda siap
memasukkan transaksi penjualan masing-masing outlet/toko/cabang.
3. Misalkan Anda membuat Faktur Penjualan/Sales Invoice, setelah Anda memasukkan
nama Pelanggan/Customer dan data-data yang diperlukan lainnya, Anda lihat di
bagian tengahnya, ada kolom “Outlet/Toko/Cabang.”
Anda klik di kotak tersebut dan pilihlah Outlet/Toko/Cabang yang mana yang
mempunyai transaksi penjualan tersebut.
Kemudian Anda bisa mencetak atau menyimpan transaksi tersebut.

Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Mencatat dan Melihat Laporan Transaksi Penjualan Harian/Mingguan untuk masing-masing Outlet/Toko/Cabang/sejenisnya (Bagian – 2)

Bagian II. Melihat Laporan Transaksi Penjualan Harian/Mingguan masing-masing Outlet/Toko/Cabang.

1. Klik “Laporan/Reports“, klik “Laporan Penjualan/Sales”, kemudian Anda bisa
meng-klik salah satu dari laporan tersebut di bawah ini,
- Rincian Faktur Penjualan/Sales Invoice List Detail
- Rincian Faktur Penjualan per Pelanggan/Sales Invoice By Customer Detail
- Rincian Penjualan per Barang/Sales By Item Detail

2. Akan muncul windows “Formasi Laporan/Report Format“. Kemudian Anda klik bagian
“Filters“ dan carilah kata “Dep/Dept.” atau “Nama Dept./Dept.Name” dan sorot.
Bila Anda ingin menampilkan semua nama Outlet/Toko/Cabang dalam satu laporan, klik
kotak di sebelah kata “Semua/All” di bagian tengah.
Bila Anda ingin menampilkan salah satu atau beberapa Outlet/Toko/Cabang, klik-lah
Outlet/Toko/Cabang yang Anda inginkan di bagian tengah.
Setelah itu Anda klik kotak “OK”.

3. Anda bisa juga menghilangkan kolom yang tidak Anda inginkan di bagian
“Kustomisasi/Customize” dalam windows “Formasi Laporan/Report Format”, dengan cara
membuang tanda centang di kotak nama yang ingin Anda hapus.

ACCURATE Version 3.4.0.1682

Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Melihat Laporan Umur Persediaan dengan jumlah hari yang Anda inginkan

Di artikel saya terdahulu, saya menyajikan tips untuk menampilkan Laporan Umur Piutang dengan jumlah hari yang Anda inginkan.
Begitu juga dengan Laporan Umur Persediaan yang mana Anda bisa set jumlah per hari yang Anda ingikan.
Caranya adalah sebagai berikut :
1. Klik menu “Laporan/Reports”, kemudian klik lagi “Persediaan/Inventory”
2. Setelah itu sorot “Rekap Umur Persediaan/Inventory Aging Summary“ atau “Rincian Umur
Persediaan/Inventory Aging Detail“ kemudian klik
3. Klik tab “Laporan Umur/Aging Reports“ di kotak Formasi Laporan/Report Format
4. Anda tinggal mengisi jumlah hari di kotak “Batasan Laporan Umur/Aging Report Range“
5. Klik kotak “OK”

ACCURATE
Version 3.4.0.1682
Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Men-setting harga jual barang dalam satuan yang sesuai

Kali ini ada seorang Bapak pengguna ACCURATE yang menanyakan kepada saya via e-mail, “Apakah ACCURATE bisa meng-setting harga jual barang dalam satuan yang sesuai di faktur penjualan secara Otomatis?”
Sebagai contoh: Bapak Anto (nama samaran) yang bekerja di PT. ABC (juga nama samaran) menjual barang AAA dengan harga Rp. 10.000,- / pcs.
Jika penjualan dalam lusin (12 pcs) maka harganya menjadi Rp. 9.000,-/pcs
Jika penjualan dalam box (anggap saja 1 box = 20 pcs) maka harganya menjadi Rp. 8.000,-/pcs.
Logikanya jika customer membeli dalam jumlah banyak, tentu harganya lebih murah dibanding dengan pembelian dalam jumlah satuan.
Bapak Anto tidak mau menggunakan diskon baik diskon per barang maupun diskon faktur.
Alasannya adalah agar mengurangi kesalahan input oleh user yang membuat faktur penjualan.
Sehingga Bapak Anto ingin pada saat pembuatan faktur penjualan, harga per barang sudah otomatis disesuikan dengan satuan yang dibeli oleh customer.

Saya menjawab,”ACCURATE bisa memenuhi kebutuhan Bapak. Namun, ada hal-hal yang Bapak harus lakukan terlebih dahulu. Saya akan menunjukkan kepada Bapak bagaimana Trik untuk hal itu.”

Trik-nya adalah sebagai berikut :
(Saya mengambil contoh illustrasi diatas dengan barang AAA)
“Pada saat membuat faktur penjualan dengan barang AAA, di kolom Unit Price, klik kanan dan pilih harga sesuai dengan satuan unit yang dibeli oleh customer.”
Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum menjalankan Trik di atas, yaitu:
a. Menjual pada customer yang sebelumnya sudah membeli barang AAA.
b. Sudah ada transaksi minimal 1 kali untuk setiap penjualan barang AAA dalam pcs, lusin maupun box.

Apakah Anda bingung?
Oke, saya akan membuat contoh transaksi untuk memperjelas Trik saya ini.

1. Buatlah barang AAA dengan memasukkan 3 (tiga) satuan unit yang berbeda.
Pcs, Lusin = 12 pcs, Box = 20 pcs
Kemudian, masukkanlah harga jual pcs sebesar 10.000 di kolom "Default Unit Price"

2. Anggap saja PT. ABC membeli barang AAA.
Buatlah faktur penjualan untuk PT. ABC tersebut.
Point Penting :
Jika PT. ABC membeli dalam satuan pcs, maka harga satuan/unit price otomatis akan muncul 10.000
Jika PT. ABC membeli dalam satuan lusin, gantilah angka 10.000 di kolom harga satuan/unit price dengan 9.000
Jika PT. ABC membeli dalam satuan box, ganti dengan angka 8.000

3. Anggap saja PT. ABC sudah membeli barang AAA dengan 3 (tiga) satuan unit yang berbeda.
Saat pembelian ke-4, misalkan PT. ABC membeli 2 lusin barang AAA, di kolom harga satuan/unit price, klik kanan dan pilih transaksi dengan angka 108.000
(Mengapa 108.000 ? Karena 1 lusin (12 pcs) x 9.000 = 108.000)
Sehingga di kolom Amount, angkanya menjadi 216.000
(2 lusin (24 pcs) x 9.000 = 216.000)
Begitu juga bila ada pembelian selanjutnya dari PT. ABC, baik pembelian dalam lusin maupun box, berapapun jumlahnya, pilih
- pembelian dalam satuan lusin, pilih 108.000
- pembelian dalam satuan box, pilih 160.000

Bagaimana bila suatu saat nanti, harga jual berbeda ?
Oke, inilah trik-nya.
Jika harga jual nantinya berbeda dari yang diatas, maka jangan klik kanan di kolom harga satuan/unit price.
Masukkan harga baru (misal Rp 12.000/pcs; Rp. 11.000/lusin dan Rp. 10.000/box) itu di harga satuan/unit price di faktur penjualan atau di bagian di master barang.
Setelah itu jika ada penjualan dengan harga baru tersebut untuk customer yang sama, baru klik kanan dan pilih :
Jika pembelian dalam lusin, pilih angka 132.000 (Rp. 11.000 x 12 pcs)
Jika pembelian dalam box, pilih angka 200.000 (Rp. 10.000 x 20 pcs)

Accurate versi 3.4.0.1682


Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Menampilkan Penanda Waktu / Jam di Form Faktur Penjualan/Sales Invoice

Menampilkan Penanda Waktu / Jam di Form Faktur Penjualan/Sales Invoice

Apa kabar, Pengguna ACCURATE Accounting Software?
Kembali lagi saya menyajikan tips dan trik dalam penggunaan ACCURATE Accounting Software.

Kali ini ada seorang pengguna ACCURATE yang menanyakan kepada saya via telp, “Bagaimana cara untuk menampilkan Penanda Waktu atau Jam di Form Faktur Penjualan/Sales Invoice?”
Alasan beliau adalah agar dapat diketahui pada jam berapa, faktur tersebut dibuat.

Bagaimana Trik-nya?
Oke, inilah caranya.

1. Klik “Persiapan/Setup“, “Rancangan Formulir/Form Template“, kemudian Sorot Tipe
Rancangan “Faktur Penjualan/Sales Invoice“, Sorot Form yang mau di-edit dan Double
Click.
2. Muncul Windows “Kolom Pilihan Rancangan Form/Form Template Field Selection“.
Klik kotak “Desain/Designer“ di sebelah kanan.
3. Muncul Windows “Designer”, cari icon yang bergambar kertas dan jika cursor
didekatkan pada icon tersebut akan muncul tulisan “Insert Rectangle Object” dan
click.
4. Lambang cursor yang tadinya berbentuk panah akan berubah menjadi lambing tambah
(+). Letakkan tanda itu di bagian form yang Anda inginkan muncul jam dan klik.
5. Akan muncul windows kecil “Text Editor/ “. Klik icon paling kiri atas yang jika
cursor didekatkan akan muncul tulisan “Insert Expression” dan klik.
6. Akan muncul windows kecil “Expression Builder”. Klik kotak “Variable”.
7. Akan muncul lagi windows “Variables”. Sorot tulisan “System variables” dan sorot
lagi tulisan “Time” dan klik “OK”.
8. Klik “OK” lagi di windows “Expression Builder” dan di windows “Text Editor” klik
tanda centang (V).
9. Otomatis di desain form, akan muncul kotak [TIME]. Klik “Close” akan muncul
windows “Confirm”, klik “Yes”.
10.Di Kolom Rancangan Pilihan Form, klik kotak “OK” di sebelah kanan.
Saat Anda mencetak Faktur Penjualan/Sales Invoice, akan muncul Penanda Waktu/Jam,
sesuai dengan jam di komputer Anda.

Anda bisa menggunakan cara ini untuk form-form lainnya.

ACCURATE versi 3.4.0.1682


Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Transaksi PPN untuk Impor Barang

Kali ini ada seorang Ibu pengguna ACCURATE yang menanyakan kepada saya via YM, “Bagaimana cara untuk memasukkan transaksi PPN dari EMKL/forwarder ke laporan SPT Masa PPN di ACCURATE secara Otomatis, Namun DPP dari barang import tersebut akan kita bayar ke vendor di luar negeri?”
Anda mengerti maksud dari pertanyaan diatas?
Oke, saya akan perjelas dengan ilustrasi di bawah ini.

Ibu Catherine (nama samaran) mendapat tagihan pembelian barang AAA dari JVC Corp, Japan sebanyak 1 unit dengan nilai US$ 100,00.
(Anggap Kurs US$ 1.00 = Rp. 9.000,-)
Beliau menggunakan jasa EMKL PT. Abadi untuk proses import barang AAA.
Setelah barang AAA sampai di kantor Ibu Catherine, PT. Abadi mengeluarkan tagihan dengan rincian sebagai berikut :
Jasa Rp. 0,- (karena masih ada hubungan baik dengan perusahaan Ibu
Catherine)
Bea Masuk US$ 10.00,- (misalnya)
PPN Rp. 90.000,- (US$ 100,00 x 10% x Rp. 9.000,-)

Ibu Catherine ingin Bea Masuk dialokasikan ke HPP Barang dan ingin mengkreditkan PPN dari PT. Abadi (Karena PT. Abadi menalangi dulu angka PPN sebesar Rp. 90.000,-dengan membayar ke Kas Negara dengan bukti SSP).

Padahal Ibu Catherine harus mencatat tagihan dari PT. Abadi untuk PPN yang mana nilainya diambil 10% dari US$ 100,00 dan ingin secara otomatis masuk ke laporan SPT Masa PPN.

Bagaimana Trik-nya?
Oke, inilah caranya.
Tahap I. Mencatat transaksi penagihan dari JVC Corp, Japan
1. Di Faktur Pembelian/Purchase Invoice, setelah memasukkan vendor JVC Corp, no. Purchase invoice, tanggal dan data-data lain yang diperlukan, masukkanlah nilai US$ 10.00 (Bea Masuk) di kolom Freight dan centang kotak “Charge to Vendor”.
2. Kemudian di kotak “Ship Via” di bagian tengah, pilih PT. Abadi
Sebelumnya kita harus membuat dulu account PT. Abadi di master Supplier/Vendor.
Otomatis ACCURATE akan mengalokasikan nilai US$ 10.00 masuk ke dalam HPP Barang AAA.

Tahap II. Mencatat tagihan PPN dari PT. Abadi dengan mengalokasikan nilai PPN otomatis masuk ke laporan SPT Masa PPN.
1. Buatlah terlebih dahulu barang AAA di NON PERSEDIAAN. (Ingat, di NON PERSEDIAAN), isikan kode Pajak Pembelian (misalnya P) di kotak “Kode Pajak Pembelian”, dan pilih di Akun Beban “Akun Beban xxx/atau apa saja”.
Akun dibawahnya, abaikan saja.
(Anda akan mengerti di bagian akhir Trik ini, mengapa saya menyarankan Anda melakukan proses ini)
2. Sebelumnya di master Supplier/Vendor untuk PT. Abadi, mapping-kan kode pajak, kode NPWP dan NPPKP.
3. Di formulir Faktur Pembelian/Purchase Invoice, setelah kita pilih Supplier PT. Abadi, no invoice, tanggal, dan data-data lain yang diperlukan, di Bagian Item, pilih barang AAA (Non Persediaan).
Masukkan kuantitas = 1 dan unit price adalah Rp.900.000,-
(US$ 100.00 x Rp. 9.000)
Otomatis timbul nilai PPN sebesar Rp. 90.000,-
Masukkan nomor SSP di bagian nomor faktur pajak di bagian bawah beserta tanggalnya.
ACCURATE akan menjurnal
Debet : Beban xxx 900.000
PPN Masukan 90.000
Hutang 990.000
Dan nilai PPN sebesar Rp. 90.000,- masuk ke laporan SPT Masa PPN
4. Saat Pembayaran ke PT. Abadi
Seharusnya kita membayar ke PT. Abadi hanya Rp. 90.000,- saja.
Namun saat ini hutang kita ke PT. Abadi sebesar Rp. 990.000,-
Bagaimana Trik untuk masalah ini?
Di form Pembayaran Pemasok, setelah kita pilih Supplier PT. Abadi, kemudian kita pilih pembayaran dari Kas/Bank yang mana, kemudian tanggal pembayaran dan data-data lain yang diperlukan,
a. centang kolom “Pay” di tagihan yang bernilai Rp. 990.000,-
b. kemudian di kolom “Payment Amount”, klik kanan, pilih “Discount Info”, masukkan angka Rp. 900.000,- dan pilih akunnya yaitu “Beban xxx”
Otomatis ACCURATE akan membuat jurnal:
Hutang 990.000
Kas/bank 90.000
Beban xxx 900.000

Akun Beban xxx akan bernilai nol.

Demikianlah penjelasan dari saya.
Jika ada yang kurang jelas, silahkan menghubungi saya.

ACCURATE versi 3.4.0.1682

Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Trik Sederhana – Menyamarkan Rincian Item Grouping di Layar Form Faktur Penjualan di ACCURATE Accounting Software

Apa kabar, pengguna ACCURATE Accounting Software?
Kali ini saya kembali menyajikan trik tentang penggunaan ACCURATE Accounting Software.

Trik kali ini sangat Sederhana dan berbeda dengan trik-trik yang pernah saya buat.

Ada salah seorang Customer ACCURATE menanyakan kepada saya via E-mail, “Bagaimana Trik di ACCURATE supaya Rincian Item Grouping tidak muncul saat di layar form Faktur Penjualan ?”

Customer ini yang bergerak di usaha Catering, ternyata menggunakan Grouping untuk mencatat penjualan masakan.
Dan alasan pertanyaan Customer ini diatas adalah agar Resep/Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat suatu masakan tidak bocor ke pihak yang lain.(walaupun yang memasukkan transaksi tersebut adalah karyawannya sendiri).
Mereka juga tidak mau menggunakan modul Pembiayaan Pesanan atau Job Costing dikarenakan mereka merasa ribet dalam penggunaannya.

Di ACCURATE, walaupun kita sudah menghilangkan tanda centang di kotak “Cetak Barang di Faktur/Print Items on Invoice“, rincian item grouping tetap muncul di layar Form Faktur Penjualan/Sales Invoice.

Kalau begitu, bagaimana Trik-nya supaya Customer Catering itu bisa menyamarkan rincian Item Grouping suatu Masakan supaya resep masakannya tidak bocor ke pihak lain?
Anda tahu bagaimana Trik-nya?

Trik-nya sangat sederhana sekali dan hanya satu langkah saja, yaitu :
Ubah kode dan nama bahan-bahan masakan, baik bahan mentah (misalnya nasi, sayuran, dll) dan bahan pembantu (misalnya minyak goreng, kecap, bumbu, dll) dengan inisial atau singkatan saja.
Sehingga user/pihak lain tidak mengetahui secara pasti, apa nama bahan-bahan tersebut.

Itu saja Trik-nya untuk pertanyaan diatas.

ACCURATE versi 3.4.0.1682

Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Kamis, 19 April 2012

Cara Mengoreksi Pembiayaan Pesanan/Job Costing yang telah Selesai/Finished – Alokasi ke Barang

Penulis pernah mendapat pertanyaan dari salah satu customer saat Penulis memberikan Training ACCURATE di kantor mereka.
Pertanyaannya adalah, “Bagaimana cara untuk mengoreksi pembiayaan pesanan yang telah selesai?”
Customer ini ingin mengoreksi pembiayaan pesanan karena ada detail barang yang salah dimasukkan.
Dia sudah mencoba untuk langsung meng-edit di daftar pembiayaan pesanan yang berstatus “Selesai/Finished”, namun tidak bisa. ACCURATE memunculkan warning, “Data tidak dapat diubah/Cannot edit this data”.

Apakah Anda tahu bagaimana Trik-nya untuk hal tersebut diatas?
Trik-nya adalah sebagai berikut:
1. Klik “Daftar/List”, klik “Persediaan/Inventory“, geser ke kanan, klik
“Penyesuaian/Adjustment”.
2. Di “Filter Tanggal/Filter by Date”, pilihlah tanggal berapa pembiayaan
pesanan/job costing tersebut diselesaikan/finished.
3. Centanglah kotak “Nilai/Value” saja di bawah tulisan “Tipe
Penyelesaian/Adjustment Type”.
4. Sorotlah transaksi pembiayaan pesanan/job costing yang bersangkutan, klik kanan
dan klik kata “Hapus/Delete”.
Yang dihapus adalah transaksi penyelesaian Pembiayaan Pesanan/Job Costing.
5. Anda sudah bisa meng-edit transaksi Pembiayaan Pesanan/Job Costing tersebut.
(Trik ini digunakan untuk transaksi Pembiayaan Pesanan/Job Costing yang
Alokasinya adalah ke Barang. Untuk yang alokasinya ke akun, akan dibahas di tips
dan trik berikutnya).


Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Import Transaksi


Apa kabar pembaca setia tips dan trik Accurate accounting software?

Pada kesempatan kali ini penulis ingin memberikan tips dan trik tentang "import transaksi" pada Accurate versi 4.




Import Transaction,
Syarat :
1. Transaksi yang di import juga harus transaksi dari accurate versi 4
2. Memiliki Data Pelanggan, Pemasok, COA, ITEM yang sama antara pusat dan cabang

Kasus :
Perusahaan "Sukses Abadi" memiliki cabang.
Kantor cabang dan  kantor pusat menggunakan Accurate,setiap minggu kantor cabang kesulitan menginput
satu persatu transaksi, tetapi dengan Accurate versi 4 anda tidak perlu menginput melainkan
IMPORT transksi .

Kantor Cabang :
Cara eksport dari Accurate ke bentuk XML
1. FIle --> Export Import Transaction
2. Mem-filter tanggal transaksi 
3. Memilih type transaction yang akan di import, Contoh Delivery Order 
   maka di beri tanda group of sales centang di bagian delivery order
4. Klik refresh --> muncul transaksi delivery order
5. di beri tanda transaksi mana yang di eksport
6. Klik Eksport --> muncul kotak save as
7. Simpan transaksi dalam bentuk type XML
8. Muncul "finished extract data" --> terbuat 1 file baru di derctory yang
   anda simpan dalam bentuk XML, Contoh : "transaksi DO.xml"

Kantor Pusat :
Cara Import dari XMl ke Accurate
1. File -->  Export Import Transaction
2.Klik Import, pilih file transaksi dalam bentuk xml
3. Klik Import
4. Jika sukses, transaksi pasti akan masuk, tapi jika gagal ada
   kemungkinan nomor voucher atau invoicenya sama.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pengguna Accurate accounting software
Sukses selalu...!


Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Cara membatalkan Rekonsiliasi Bank


 Selamat siang pengguna Software Accurate di seluruh Indonesia.
Walaupun siang ini Jakarta begitu terik dengan sinar matahari,
Saya selalu bersemangat untuk memberikan cara penggunaan Accurate software pada anda semua. Berikut ini tips yang diberikan oleh customer support kami.

Cara membatalkan rekonsiliasi bank
Langkah awal kita cek terlebih dahulu bank dengan cara :
* Daftar -> Kas&Bank -> Buku Bank -> pilih bank yang dimaksud.
* Pada baris transaksi yang ingin dibatalkan rekonsiliasinya terdapat kolom “Reconciled”
   catat tanggal  rekonsiliasi yang diinformasikan pada kolom ini.
* Lalu ke Aktivitas -> Kas&Bank -> Rekonsiliasi Bank
   pilih bank yang dimaksud, setting tanggal rekonsiliasi sesuai tanggal yang kita dapat
   informasinya di kolom Reconciled pada Buku Bank.
* Silakan Uncheck kolom “Clear” disetiap transaksi yang mau di batalkan 
   rekonsiliasinya.
* Selesai, Simpan & Tutup.

Semoga Informasi ini berguna untuk pengguna program akuntansi Accurate

Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

10 peringkat barang paling laris


Kabar gembira bagi anda pengguna Accurate versi 4…!!
“Kini Accurate versi 4 dilengkapi dengan 10 peringkat barang terlaris”,
tentu fungsi ini sangat berguna bagi anda, khususnya perusahaan yang bergerak pada bidang trading.

Bagaimana cara mengoperasikannya?
Simak tips berikut :

  1. Kita login ke dalam accurate, lalu :
-         Pilih menu tab Laporan ~> Daftar Laporan
-         (pada kolom sebelah kiri) pilih persediaan 
-         (pada kolom sebelah kanan) pilih Rincian Valuasi Persediaan.
  1. Setelah itu akan muncul Report Format.
Pada Filter Barang pilih Semua Barang.
Masuk pada sub menu Kolom dan Filter Terpilih
Uncheck Tipe :Kts.Masuk, Nilai Masuk, Kuantitas Keluar, Kuantitas, Nilai Akhir. Check Tipe : Deskripsi Barang.
  1. Pada kolom kiri pilih Grup, lalu check Tampilkan Total Seluruh.
Pada kolom Kostumisasi Grup, delete semua isi di dalam kolom.
Lalu isi dengan Kuantitas Keluar.
Klik ASC ganti dengan DESC.
Lalu klik “OK”
  1. maka akan muncul laporannya
Setelah itu klik tombol memorize , isi nama judul nya lalu Simpan.

Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Modul Pabrikasi Di Accurate Versi 3 Enterprise


Modul Pabrikasi merupakan Modul untuk memproduksi Barang dimana kita mencatat :
-Bahan apa saja yang dipakai untuk Produksi
-Barang jadi yang merupakan hasil keluaran dari Produksi

1. Pertama-tama pada saat akan melakukan Produksi maka kita harus terlebih dahulu membuat suatu Formula (Resep Produksi)


Disini kita memilih Formula Produk, kemudian kita masukkan Barang yang akan kita Produksi dan juga Formula Bahan Bakunya.



Kita Masukkan No Formula yang nantinya akan menjadi ID dari formula yang kita buat.
Kemudian kita Masukkan Product Description yang merupakan Barang Jadi yang akan kita produksi.
Pada sisi Bagian Bawah “Bahan Baku”, kita isi Bahan Baku apa saja yang akan kita jadikan sebagai bahan dasar untuk Memproduksi Barang jadi di atas.
Contoh di atas adalah Produksi Meja Kerja dan Bahan Bakunya adalah triplek,cat, kayu, dll.

3. Kemudian Setelah tahapan Pembuatan Formula selesai, maka tahap selanjutnya adalah kita membuat ‘SURAT PERINTAH KERJA’ yang merupakan Suatu perintah untuk melaksanakan produksi Barang Jadi.


Kemudian kita dapat Preview SPK tersebut untuk di Print. Namun kita masih dapat me-setting tampilan dari Preview ini

4. Tahapan selanjutnya adalah kita membuat tahapan ‘PELAKSANAAN PERINTAH KERJA’. Di sini kita dapat melakukan PRODUCTION PLANNING (Penjadwalan Produksi) dengan melihat stok bahan baku yang tersedia di gudang apakah cukup untuk memproduksi Barang Jadi yang hendak kita buat.

Dari Modul Pelaksanaan Perintah Kerja ini kita dapat melihat Stok Bahan Baku yang berada di Gudang Apakah tersedia atau tidaknya. Caranya adalah dengan Melakukan Klik pada Tombol Preview pada sisi kanan bawah.

5. Tahapan Selanjutnya adalah Pencatatan ‘PENGELUARAN BAHAN BAKU’, di sini kita mencatat kuantitas bahan baku yang terpakai di dalam memproduksi barang tersebut.
Caranya adalah kita meng-klik ‘BHN BAKU PPK’ pada sisi kanan bawah.

6.. Kemudian tahap terakhir adalah Mencatat ‘PRODUK & BAHAN BAKU KELUARAN’, di sini kita mencatat kuantitas Barang jadi yang telah kita buat.

Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Accurate Software Versi 3 & Versi 4















Pada situs ini kami menyediakan berbagai informasi mengenai produk sampai pada cara penggunaan Software Accounting Accurate Versi 3 maupun Software Accounting Accurate Versi 4.

Bagi anda yang ingin mengetahui berbagai informasi seputar penggunaan Accurate Software silahkan klik di
Tips dan Tirk Penggunaan Accurate Software

Jika terdapat kasus seputar Accurate Software yang belum tercantum pada situs ini, anda dapat mengirimkan pertanyaan melalui Support - Email


Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Melakukan Down Payment (DP) pembelian pada Accurate

Minggu lalu ada salah satu customer Accrurate, sebut saja PT. AAA bergerak di bidang trading dan menggunakan Accurate Versi 4. Beliau mengirimkan pertanyaan melalui email “Bagaimana cara melakukan DP pembelian dalam accurate versi 4?”

Berikut ini jawaban dari Implementor kami :

  1. Dari Activities(Aktivitas) | Purchase(Pembelian) | Purchase Order(Pesanan Pembelian), Input pesanan pembelian seperti biasa dengan memilih Vendor dan Item-item yang dipesan berikut harga nya. Kemudian klik button DownPayment diatas.
  2. Akan muncul Form Purchase Invoice(Faktur Pembelian) yang sudah ada isi item DP nya dengan Unit Price sebesar Total PO kita. Ganti Unit Price sebesar DP yang akan ditagihkan saja. Kemudian klik button Purchase Payment diatas. Hasil Jurnal Purchase Invoice tsb adalah Advanced Purchase(D) pada Hutang Dagang(K).
  3. Ditampilan  Purchase Payment, isi Cash/Bank dan tanggal sesuai tanggal pelunasan lalu Save&Close. Ditampilan Faktur Pembelian dan PO juga kita Save&Close. Hasil Jurnal Pelunasan DP  Hutang Dagang(K) pada Cash/Bank(K).
Selesai untuk proses Pencatatan Pesanan Penjualan dengan DP.

4. Jika ada proses penerimaan barang sebelum terima faktur, mencatat penerimaan barang dari Activities | Purchase | Receive Item, Pilih Vendor lalu pilih option Select PO di samping nama Vendor tsb. Jurnal yang terjadi disini adalah  Inventory(D) pada Unbilled Goods(K).
5. Untuk tagihan sisa nya, dari Activities | Purchase | Purchase Invoice, pilih Vendor lalu pilih Select PO disamping nama Vendor, pilih PO No yang kita buat di langkah 1 diatas, otomatis Item-item dari Pesanan akan muncul di Tab Item, dan DP PO sebagai nilai yang dipotong akan tampil di Tab Use DP. Save&Close. Jika Select PO, jurnal yang terbentuk adalah Inventory(D) pada Hutang Dagang(K) dan Advanced Purchase(K).

Jika kita melalui langkah no.4 diatas, Di Purchase Invoice yang dibuat di langkah ke5 ini, kita pilih Select RI. Jika Select RI, jurnal yang terbentuk adalah Unbilled Goods(D) pada Hutang Dagang(K)dan Advanced Purchase(K). Sehingga Purchase Invoice tersebut akan terhutang sebesar sisanya yang sudah dipotong DP.

Berlaku pada Accurate Versi 4

Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Membeli dan Menjual Barang Tetapi Tidak Ingin Kita Jadikan Stok


Berikut ini adalah tips dan trik penggunaan Accurate yang diberikan oleh implementor

Ada costumer yang menanyakan ke saya: "Apakah bisa bila ingin membeli dan menjual barang tetapi barang tersebut tidak dijadikan stok tapi jumlah dari invoice pembelian tetap akan menjadi hutang dari perusahaan?"

Caranya:
a) Pertama-tama kita buat barang baru di stok kita.
Pada kolom atas ada pilihan Tipe Barang, kita pilih "Non Persediaan", Lalu kita ketikan kode dan keterangannya. Misal nya Kode nya Non001 dan Keterangannya Barang Non Persediaan.
Lalu kalau mau di isi Unit /Satuan juga boleh, misal kita isi Pcs.
Setelah itu kita Klik Ok.

b) Cari Faktur Pembelian  atau Penjualan, Lalu pilih Costumer / Vendornya.
Pada Item nya kita pilih barang Non Persediaan yang tadi kita buat.
Nah di sini lah kita akan mengedit nama item yang akan kita beli atau jual.
Misal kita mau beli 2 Pcs Mesin Diesel. Kita ganti Description dari barang non persediaan tadi menjadi Mesin Diesel, ganti juga Qty nya menjadi 2. Lalu kita ketikan Harga beli atau jual nya,misal Rp 2.000.000,-.
Klik Simpan dan Tutup.

Barang Mesin Diesel tadi pasti tidak akan menjadi Inventory kita, tetapi Jumlah Dari faktur itu sebesar Rp 4.000.000,- akan menjadi Piutang kita apabila kita melakukan Penjualan dan bila kita melakukan Pembelian akan menjadi Hutang

Cukup simple bukan..??
Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com