Selasa, 26 Juni 2012

PROGRAM AKUNTANSI ACCURATE : MENCATAT PENERIMAAN UANG DARI CUSTOMER YANG TELAH DI POSTING

Walaupun sudah sering dibahas di milist ACCURATE maupun di media lain, namun masih banyak customer ACCURATE yang kesulitan mencatat transaksi tersebut diatas. Sebagai contoh transaksi: PT. Abadi hanya menerima uang dari customer sebesar Rp. 20.000.000,- dari total faktur senilai Rp. 25.000.000.- Selisihnya dikarenakan customer tersebut memotong untuk: 1. PPh Jasa Rp. 4.950.000.- 2. Biaya Transfer Bank Rp. 40.000,- 3. Pembulatan Rp. 10.000,- Sehingga total potongan adalah Rp. 5.000.000,- Apakah Anda tahu TRIK untuk hal tersebut diatas? TRIK-nya adalah sebagai berikut: 1. Sebelumnya buatlah akun untuk ...


ACCURATE Software Accounting sudah HADIR dan SIAP membantu USAHA anda menjadi lebih MUDAH & MENYENANGKAN……!!!
Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
http://www.programaccurate.com

Rabu, 20 Juni 2012

CARA MENGINPUT OUT STANDING GIRO

Mungkin ada beberapa pertanyaan mengenai cara menginput outstanding giro dari para pembaca..
Masalah yang ditemui adalah jika saya menyerahkan giro untuk beban A pada contohnya bulan januari, tetapi mereka baru mengambil penarikannya pada bulan febuari. Kalau begitu bagaimana yah menginputnya? Saya telah menganggap dan mencatat bahwa pengeluaran tersebut ada pada bulan januari, tetapi riilnya pengeluaran dari bank adalah pada bulan februari.

Jika ada masalah seperti itu, maka kita dapat menggunakan modul bukti jurnal umum.

Seperti biasa kita dapat membuat jurnalnya dahulu dengan beban A pada posisi debit dan Beban masih harus dibayar pada posisi kredit.

Dengan begitu, maka beban tersebut telah tercatat dan digantungkan pada akun beban masih harus dibayar yang berada pada posisi hutang lancar.

Setelah itu pada saat bulan februari dan ingin rekonsiliasi bank maka baru terlihat adanya pengeluaran pada tanggal XX, maka kita mencatat pengeluaran giro pada kas dan bank -> pembayaran dengan mencatat dengan nama akun Beban masih harus dibayar dan tanggal yang ditulis adalah tanggal giro itu dicairkan oleh si penerima.

Dengan pencatatan pembayaran tersebut, maka akun beban masih harus dibayar yang menggantung akan menjadi 0 kembali.

Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

BUILTFOR MINIMUM DI BILL OF MATERIAL (BOM)


BUILT FOR

Field Built For di form Bill of Material, menginformasikan bahwa Formula BOM tsb adalah untuk membuat sekian Barang Jadi.

Biasanya field Built For ini diisi 1, yang artinya Formula BOM tsb untuk membuat 1 Barangnya.

Jika Formula yang dimiliki adalah untuk membuat 100 pcs Barang, maka Built For kita isi 100, yang efek nya jika kita membuat Surat Perintah Kerja/Work Order sebanyak 50, maka komposisi Formula nya adalah (Formula/100)x50. Formula = komposisi Qty masing-masing bahan baku dan Conversion Cost nya.

Built For ini juga membantu jika untuk membuat 1 Barang Jadi, komposisi Qty masing-masing Bahan terlalu kecil sehingga ada beberapa digit dibelakang koma. Dengan mengisi Built For 1000 misal, kita dapat mengisi Formula dengan Qty masing-masing bahan baku tsb dikali 1000. Hal ini juga mengingat Accurate hanya mengadopsi 4 digit dibelakang koma.

MINIMUM QTY

Diisi dengan minimal kita produksi untuk barang yang dihasilkan oleh BOM tsb berapa. Bisa juga sehubungan dengan efektifnya penggunaan Mesin-mesin produksi bahwa misal jika digunakan untuk membuat produk kurang dari 100 pcs maka jadi tidak efektif penggunaannya.

Minimum Qty ini akan mencegah kita memproduksi dibawah dari Qty yang kita isi Minimum Qty nya di BOM, yaitu pada saat kita buat SPK/WO, jika Qty yang dibuat dibawah Minimum Qty maka akan dicegah.

Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

CARA UNTUK MENAMPILKAN TANGGAL JATUH TEMPO DI KOTAK " TERMS " DALAM FAKTUR PENJUALAN

Bagaimana cara untuk menampilkan Tanggal Jatuh Tempo di kotak “Terms” dalam Faktur Penjualan/Sales Invoice?

Karena kebanyakan Customer saya tidak mengerti tentang termin dan atau malas untuk menetukan tanggal jatuh tempo jika di kotak Terms berisi “net 15 atau net 30 ataupun juga 2/10 n/30.

Oke, inilah caranya.

  1. Klik “Persiapan/Setup“, “Rancangan Formulir/Form Template“ (gambar 1)
    , kemudian Sorot Tipe Rancangan “Faktur Penjualan/Sales Invoice“, Sorot Form yang mau di-edit dan Double Click. (gambar 2)
  2. Muncul Windows “Kolom Pilihan Rancangan Form/Form Template Field Selection“. Klik kotak “Desain/Designer“ di sebelah kanan (gambar 3).

  3. Muncul Windows “Designer”, cari kotak yang berjudul “Terms” dan double click bagian Isinya (gambar 4).

  4. Akan muncul windows kecil “Text Editor“ dan ada kata [Terms]. Hapus kata tersebut, kemudian klik icon paling kiri atas yang jika cursor didekatkan akan muncul tulisan “Insert Expression” dan klik (gambar 4).

  5. Akan muncul windows kecil “Expression Builder”. Klik kotak “Variable”(gambar 5).

  6. Akan muncul lagi windows “Variables”. Sorot tulisan “Invoice” dan cari di bagian tengah, kata-kata “Due Date”. Jika ketemu, Sorot dan klik “OK”(gambar 6).


  7. Klik “OK” lagi di windows “Expression Builder” dan di windows “Text Editor” klik tanda centang (V).
  8. Otomatis isi di kotak “Terms” berubah menjadi [Due Date] (gambar 7).

  9. Arahkan kursor ke kotak “Terms” dan klik kanan. Pilih “Variable Format” (gambar 7),

    kemudian di windows kecil “Variable Format”, sorot kata “Date”. Sorot model tanggal yang Anda inginkan, setelah itu klik “OK” (gambar 8).
  10. Klik “Close” akan muncul windows “Confirm”, klik “Yes”.
  11. Di Kolom Rancangan Pilihan Form, klik kotak “OK” di sebelah kanan.
software@ymail.com

Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

TOTAL QTY KESELURUHAN HALAMAN DARI QTY PRODUCT FORM WORK ORDER

Selamat siang para pengguna Accurate,
minggu lalu kami menerima email dari salah satu pembaca tips dan trik accurate. Beliau mengajukan agar dimuat lebih banyak tips untuk Accurate Versi 3 Enterprice. Menanggapi masukan dari customer kami,
Berikut ini cara membuat Total Qty keseluruhan halaman dari Qty Product di form Work Order(Surat Perintah Kerja/SPK) :
  1. Dari Setup | Form Template | Edit template yang dimaksud, lalu klik Designer. Ditampilan Designer ke menu File | Data Dictionary, klik sekali di folder “Invoice Item”, lalu klik button New Variable yang ada dibawah.
  2. New Variable yang muncul di Folder Invoice beri nama TotalQty misalnya. Lalu centang expression dibawah semetara kita masih menunjuk Variable TotalQty tsb, lalu isi angka 0 di Expression tsb, klik Ok Data Dictionary tsb.
  3. Buat Memo baru dengan cara klik Icon “Insert Rectangle Object” yang ada di toolbar diatas, lalu klik dibagian mana di footer dimana mau ditampilkan memo tsb.
  4. Di Text Editor Memo tsb isi dengan variable yang dibuat diatas yaitu [TotalQty], lalu di kolom bawah Text Editor tsb isi dengan :
begin
if FinalPass then
TotalQty := TotalQty + Sum([Quantity]);
Visible:= [Page#]= [TotalPages];
end
5. Klik tanda Cawang/Ok di text editor tsb, lalu Close Designer, Save Changes pilih Yes. Silakan coba preview kembali.
(Available for v3 EE)
 
 Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

CARA MEMBUAT LAPORAN PRODUKSI PER SHIFF KARYAWAN DI ACCURATE 3 EDITION

Cara Membuat Laporan Produksi per Shift Karyawan di Accurate 3 Enterprise Edition :
-Jadi di sini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara kita membuat suatu pelaporan hasil produksi berdasarkan hasil yang dicapai oleh karyawan.

Pertama-tama kita harus masuk ke rancangan formulir terlebih dahulu, kemudian kita harus memilih tipe rancangan “Pengeluaran Bahan Baku” (Hal ini berlaku cara yang sama untuk “Barang Jadi Keluaran)

Lalu kita masuk Ke Form Material Release, di sini kita pilih “Kepala Tambahan”, kita ganti isi dari Reserved 2 dengan “SHIFT”. Hal ini dilakukan agar kita dapat mengisi Periode Shift pada transaksi Pengeluaran Bahan Baku.

Kemudian setelah rancangan formulir ini dibuat maka kita dapat mengisi transaksi Pengeluaran Bahan Baku berdasarkan Shift yang kita inginkan. Hal ini agar kita mendapatkan Laporan Pengeluaran Bahan Baku berdasarkan Shift.

Kemudian kita dapat coba masuk ke menu SPK, misalkan kita hendak memproduksi suatu jenis barang.
Contoh di sini adalah kita hendak memproduksi “Rangka Dudukan” sebanyak 10 Pcs
Dan bahan-bahan yang dibutuhkan di sini adalah seperti di atas. Kemudian setelah tahap ini seperti biasa maka kita akan melanjutkannya ke Formulir PPK, di menu PPK ini kita anggap kita akan memproduksi seluruh SPK.

Kemudian dari PPK, kita akan melanjutkan ke tahap Pengeluaran Bahan Baku. Di sini kalau kita perhatikan ada menu “SHIFT” di atas, nah kita dapat mengisi periode SHIFT yang kita inginkan di atas. Misalkan di sini kita hendak menginput Laporan Pemakaian Barang berdasarkan hasil dari Shift 1.

Setelah tahap ini maka kita dapat melihat laporan pemakaian bahan baku berdasarkan periode SHIFT yang kita inginkan dari Menu Laporan “Laporan Pengeluaran Bahan Baku”
 Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

BAGAI MANA CARA MELAKU KAN POTONGAN PPH 23 PADA SAAT PENERIMAAN PELANGGAN

Berikut ini langkah-langkah melakukan potongan PPh23 yang di potong Customer di Accurate :

  1. Activities | Sales | Customer Receipt
  2. Pilih Customer dan centang kolom Pay dibaris No Faktur yang mau dilunasi Customer.
  3. Klik kanan di baris No Faktur tsb pilih DiscInfo/Write-Off, isi Disc Amount sebesar PPh23, lalu pilih Disc Account dengan akun PPh23(Tipe akun Other Current Asset).
 Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

REVALUASI AKTIVA TETAP

Berikut ini langkah – langkah melakukan revaluasi aktiva tetap di karenakan nilai buku aktiva tetap tersebut masih ada nilai dan belum habis nilainya = 0 Caranya :

  1. Daftar | Aktiva Tetap | Daftar Aktiva Tetap | Pilih barang yang ingin di revaluasi.
  2. Klik tombol Pengeluaran | Klik tombol Revaluasi.
  3. Nilai buku akuntansi = 0
  4. Nilai Revaluasi = masukan nilai yang menurut kamu belum habis.
  5. Akun laba / rugi = Gain / loss revaluation F A ( Pendapatan Lain2 )                                                                                                                                                                                                                    Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
    Segera Hubungi
    San-San
    Telp : (021) 70303046 / 47
    Sms : 0857 7000 2668
    Email : marketing@softwareaccurate.com
    http://www.programaccurate.com  

PROJECT ENDING

Setelah Billing(tagihan/SI) terakhir, jika proses Project sudah dianggap selesai kita lakukan Project Ending dari Activities | Project | Project Ending. Project Ending dimaksudkan untuk kita tidak bisa lagi membuat Project Payment atau Material In Use untuk Project tsb karena sudah dianggap selesai.
Pada saat kita lakukan Project Ending, pastikan semua biaya-biaya sudah di alokasikan ke COGS di Sales Invoice/Billing terakhir. Jika setelah dibuat Billing terakhir masih ada Barang atau Biaya yang dikeluarkan dan belum teralokasi di Billing terakhir kita, kemungkinannya waktu kita lakukan Project Ending akan ada konfirmasi seperti contoh berikut ini :
“Warning!!
PDP Amount = -100,000, please check COGS Amount in Invoice(s).”
Dengan ada nya konfirmasi tsb, maka kita diinformasikan bahwa masih ada Cost untuk Proyek yang akan Ending tsb yang belum di alokasikan ke Account COGS(masih teralokasi di account Proyek Dalam Penyelesaian posisi di Neraca), untuk itu sebelum atau sesudah Project Ending, kita ke List | Sales | Sales Invoice, cari Invoice terakhir atas Project tsb, Edit lalu klik button Recalc yang ada di pojok kanan bawah Invoice di field COGS lalu Save&Close.
Bedanya jika kita update COGS di Faktur setelah dilakukan Project Ending, akan di konfirmasi bahwa Project tsb sudah di Ending, apakah akan tetap dilanjutkan, kita pilih Yes.

regads :
Accurate solution center

 Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

" LOCK CONFLICT ON NO WAIT TRANSACTION DEADLOCK ''

Pada saat kita mau save satu transaksi muncul konfirmasi :
“Lock conflict or no wait transaction deadlock”
Hal ini dapat terjadi dikarenakan terdapat user lain selain kita yang sedang mengupdate data yang sama dengan kita. Solusinya adalah pastikan di komputer kita maupun komputer user lain memang tidak sedang mengupdate yang berhubungan dengan transaksi kita.
  1. Pastikan dengan menutup semua tampilan yang sudah tidak dipakai baru kemudian coba save kembali.
  2. Bisa dicoba juga dengan cara dari menu Windows | Close All di Accurate.
  3. Atau minta tutup aplikasi Accurate disemua user, lalu Restart Server dan coba buka Accurate kembali dan input transaksi yang kita maksud.
Atau kemungkinan lain yang mau kita update sedang di update System dan belum selesai. Misal sehubungan dengan proses perhitungan cost yang belum selesai dilakukan di Accurate(indikasinya bisa dilihat di pojok kiri bawah tampilan Accurate ada bar warna hijau yang masih jalan di salah satu komputer). Jika memang ada, terpaksa kita harus tunggu dan coba Save kembali beberapa saat kemudian.

Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
Desti Arifin
Telp : 021-5308617
Fax : 021 -5308619
SMS : 0896 3771 1176
Email : accuratesoftware@ymail.com

Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

MEMBUAT DATABASE DENGAN BASE CURRENCY USD


Selamat siang para pengguna accurate software di seluruh Indonesia, sebelum masuk ke tips dan trik lebih lebih dalam, saya ingin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalaninya.

Oke, kita langsung masuk ke dalam kasus :
Berikut cara membuat BaseCurrency USD dan IDR sebagai mata uang asing.

Buka Accurate, pilih Create New Database (Membuat Database Baru) lalu akan ditampilan Welcome to Accurate (Selamat Datang di Accurate). Tentukan alamat data baru akan disimpan dimana dan dengan nama apa(.gdb).

Setelah membuat/Create New Database, login dengan
USERNAME : supervisor PASSWORD : supervisor
maka akan keluar tampilan Quick Setup :
pilih Bahasa -> Next -> Advance Setup-> Next.

Di bagian Currency, Name : USD, Rate:1, Symbol US$. Dengan demikian USD akan menjadi Default Currency(BaseCurrency).
Di Currency baris kedua, Name : IDR, Rate:9500(contohnya): Rate Type pilih yang 1USD=9500IDR, Symbol Rp.

Nantinya pada saat kita input transaksi dengan mata uang Rupiah(IDR), misal Sales Invoice Total Rp 2.000.000, Rate kita isi dengan 9500 bukan 0.000096. Karena dengan memilih Rate Type 1USD=9500IDR waktu buat mata uang IDR, maka cara kerja ACCURATE adalah Rp.2.000.000/9500 untuk dijurnal sampai dengan laporan keuangan.

NB: fitur ini hanya tersedia pada accurate versi 4

Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

MEMBUAT MATA UANG USD SEBAGAI MATA UANG DEFAUL DI ACCURATE

Jika anda ingin membuat semua pe-laporan, baik itu Neraca ,laba\Rugi, penjualan,arus kas, dll di Accurate berdasarkan ‘USD’.Berikut cara membuat mata uang USD sebagai default currency dan IDR sebagai mata uang asing:
  1. Pertama-tama kita harus buat terlebih dahulu Database Perusahaan Baru di Accurate, pilih Create New Database.
  2. Setelah membuat/Create New Database, setelah login dengan supervisor password supervisor, akan keluar tampilan Quick Setup, pilih Bahasa, Next kemudian pilih Advance Setup, Next.
  3. Di bagian Currency, Name : USD, Rate:1, Symbol US$. Dengan demikanUSD akan menjadi Default Currency(BaseCurrency).
  4. Di Currency baris kedua, Name : IDR, Rate:9500(misal): Rate Type pilih yang 1USD=9500IDR, Symbol Rp.
Nantinya pada saat kita input transaksi dengan mata uang Rupiah(IDR), misal Sales Invoice Total Rp 2.000.000, Rate kita isi dengan 9000 bukan 0.00009. Karena dengan memilih Rate Type 1USD=9500IDR waktu buat mata uang IDR, maka cara kerja ACCURATE adalah Rp.2.000.000/9600 untuk dijurnal sd laporan keuangan.

Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

PENYUSUTAN PENDAPATAN KONSTRUKSI

Selamat Siang pembaca tips dan trik accurate di seluruh Indonesia, saat implementasi, Ada customer yang bertanya kepada salah satu implementor kami : "Jika saya ingin melakukan penyusutan pendapatan secara otomatis tiap bulannya pada Accurate versi 4, bagaimana caranya?"

Berikut ini adalah jawaban yang dikirimkan implementotr kami melalui email :

Customer tersebut bergerak di bidang jasa konstruksi, pendapatan yang diterima langsung di bulan tersebut sehingga harus di pecah menjadi beberapa bulan, pemecahan secara otomatis dapat dilakukan dengan menggunakan recurring yang terdapat pada accurate 4, Caranya :

  1. Jurnal yang terjadi di sales invoice :
Dengan menggunakan barang non persediaan yaitu :
Piutang usaha XXX
Pendapatan di muka XXX

  1. Kemudian ke Aktivitas | General Ledger | Journal Voucher
  1. Entry journal seperti ini, kemudian di recurring menjadi berapa bulan yang ingin disusutkan.
Pendapatan di muka XXX
Pendapatan Jasa XXX

  1. Klik tombol Recurring | Recurring Perioda (Monthly) | number of times (10) misalkan 10 bulan
Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

CARA MENJUAI AKTIVA TETAP ASSET SEBAGIAN ( di versi 4 )

Jika kita menggunakan Accurate Versi 4, misalkan pada saat kita akan men-Disposed Aktiva Tetap, maka kita dapat menentukan Kuantitas dari Aktiva Tetap yang kita sedang input atau jika pada saat Disposed, berapa kuantitas yang di Disposed.

Dengan mengisi jumlah dari kuantitas tsb, memudahkan kita jika ada terjadi Disposed Aktiva Tetap sebagian, untuk keperluan di biayakan karena sudah rusak atau untuk dijual misalnya.

Cara nya :
Edit Aktiva Tetap tersebut dari DAFTAR – AKTIVA TETAP, Double Klik AKTIVA TETAP yang dimaksud, lalu klik tombol DISPOSSED.
Akan muncul tampilan untuk kita Disposed per tgl berapa, Gain/Loss Disposed dialokasikan kemana, dan kita tentukan jumlah kuantitas yang akan dikeluarkan dari Daftar AKTIVA TETAP. Jurnal yang terbentuk adalah :

Accumulated Depreciation xxxx
Gain/Loss Disposed FA xxxx
Fixed Asset xxxx

Di form Disposed jika kita centang “Asset Selling” lalu isi Asset Price dan Account nya ke Account Cash/Bank atau Piutang lain-lain misalnya, jurnal tambahan waktu Disposed yang terbentuk adalah :

Cash/Bank/Piutanglain-lain xxxx
Gain/Loss Disposed FA xxxx
 
Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Maximize Your Income-Minimize Your Work

“Hari gini masih manual ?"
ACCURATE Accounting Software dapat membantu mengurangi pekerjaan administrasi dan keuangan Anda hingga 80%.
KINI SAATNYA Anda Mengalokasikan lebih banyak waktu, tenaga dan pikiran untuk meningkatkan penjualan !!!

Apa yang bisa dilakukan ACCURATE untuk Anda ?
1. Mencetak faktur, nota penerimaan dan pengeluaran.
2. Menambah dan mengurangi stock barang langsung jika ada transaksi pembelian dan penjualan.
3. Meng-update hutang dan piutang, sekaligus kas/bank ketika menerima pembayaran dari pelanggan.
4. Membuat jurnal dari setiap transaksi yang terjadi, memposting ke buku besar masing-masing seketika.
5. Menyajikan laporan keuangan dalam hitungan detik.

Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Cara Mengimput Transaksi Pembelian Impot & Bea Masuk Beserta PPN Importnya


A. Purchase Invoice
1. Activities - Purchase - Purchase Invoice.
2. Pilih Vendor yang sudah di set mata uang nya Mata Uang Asing,
secara otomatis ACCURATE akan memunculkan informasi nilai tukar atau
rate transaksi pembelian tsb, Silahkan tentukan nilai tukarnya,misal 9000.
Lalu klik OK.
3. Isi Tab Item dengan barang-barang yang dibeli berikut informasi qty dan
Unit Price dalam mata uang asing.
4. Misalkan pada pembelian dikenakan Bea masuk sebesar 100 dollar dan
biaya angkut sebesar 200 dollar, maka masukkan nilai tsb pada bagian
tab Expense. Klik kolom Account no, pilih account Bea Masuk&Biaya angkut.
5. Dikarenakan bea masuk & biaya angkut akan dimasukkan ke hpp barang
dan ditagihkan ke Forwarder, maka beri tanda centang pada kolom
Apply to Item dan Charge To Other Vendor. Kemudian lengkapi pada
bagian Expenses are charge to vendor dengan pihak Forwarder.
Save & Close. (Jika forwarder lebih dari satu,
pilih disini dengan salah satu vendor Forwarder saja).

B. Purchase Invoice II (Tagihan dari Forwarder & PPn Import)
1. Buat tagihan yang kedua untuk pencatatan Hutang Bea Masuk,
Freight dan PPn Import. Activities - Purchase - Purchase Invoice.
2. Tentukan Vendor nya dengan memilih Vendor Forwarder dari
tagihan yang pertama.
3. Isikan pada bagian tab item dengan item PPN masukan. Jika belum ada,
maka buat terlebih dahulu dari List – Items, klik New, Pilih tipe persediaan
Non Inventory Part, No dan Nama item PPn Import missal nya. Kemudian
pada bagian GL Account setting semua akunnya ke akun PPN masukan
4. Masukkan qty = 1, dan dibagian Unit Price sebesar nilai Dasar Pengenaan
Pajak nya, nilai ini didapat dari (harga barang + bea masuk) x rate,
jika Vendor Forwarder mata uang Rupiah.
Kemudian masukkan dibagian kolom Pajak(Tax) Kode Pajak nya.
5. Selanjutnya tekan enter sampai turun ke baris 2, masukkan item yg sama,
dengan qty yang sama juga tetapi dengan Unit Price MINUS,
dan Jangan dikenakan kode pajak. Agar nanti sisa nya adalah nilai PPn saja.
6. Selanjutnya masuk ke tab Expense,
masukkan account Biaya angkut dan Bea Masuk.
Catatan :
Jika Forwarder lebih dari satu, silakan buat Faktur Pembelian berikutnya.
Jadi misal Biaya Angkut 2jt, 1.5jt dari Vendor A, dan 500rb dari Vendor B,
di Purchase Invoice I diatas, langsung 2jt dibagi Rate.
Dan Di langkah Purchase Invoice II diatas, berarti dibagi menjadi 2 Faktur
dengan nilai masing-masing dalam Rupiah jika Vendor dalam rupiah.
 
 Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Selasa, 19 Juni 2012

Memunculkan Taggal Expired Barang Di Reminder

Selamat Sore para pengguna Software Akuntansi Accurate,
memunculkan hitang piutang / minimun quantity barang adalah fitur umum dalam Accurate, namun taukah anda bahwa "Tanggal Expired" bisa juga dimunculkan dalam remainder?
berikut ini adalah tips dan diberikan implementor kami "Michael" :

Mungkin tidak semua perusahaan memerlukan fitur tanggal expired yang di sediakan oleh accurate 4, tapi bila perusahaan bergerak di bidang makanan dan minuman pasti bakal merasakan manfaat dari tanggal expired ini. Apabila perusahaansi minuman yang akan expired dalam 1 tahun apabila hanya kita hanya catat saja di excel atau kertas pasti akan lupa untuk produksi tanggal sekian dan expired tanggal sekian.

Cara pertama di List item, lalu klik 2x, di tab atas ada Umum, Penjualan/Pembelian, Akun-Akun, Kolom Lain, Kontrol Persediaan. Pilih Kontrol Persediaan, lalu centang di “Pakai No seri” lalu centang lagi di “Pakai Tanggal Kadaluarsa”.

Lalu kita mulai transaksi nya, Pada saat penerimaan barang pilih barang yang tadi di buat tanggal expired nya, missal ada penerimaan 50 Pcs botol minuman, tanggal terima hari ini,sedangkan tanggal expired 1 tahun kemudian. Pada saat isi Qty maka akan muncul kolom serial number tempat mengisi kode produksi dan tanggal expired. Setelah isi tanggal produksi ,maka perlu di isi juga tanggal expired nya di sebelah kanan atas.

Apabila stok minuman tersebut masi ada tersisa maka pada saat tanggal expired telah tiba,secara otomatis di reminder akan memunculkan barang dengan tanggal expired nya. Bagian Gidang akan dengan mudah mengetahui barang yang harus di pisahkan karena sudah mau expired dengan barang yang masih bagus.
 
 Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Could Not Initialize Installation (CRC)

Selamat Siang para pengguna Accurate Software,
apakah anda pernah mengalami hal seperti ini?

"Could Not Initialize Installation (CRC)"
Pada saat Installasi atau pada saat ingin menjalankan Installer Accurate, hal ini dikarenakan file Setup/Installer tsb corrupt.
Jadi jika file tsb adalah hasil download,
silahkan coba lakukan download ulang dan lembali jalankan Installer hasil download tsb.
 
Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Breakdown Item Saat Down Payment

Selamat Siang seluruh pengguna Accurate Software di Indonesia, berikuti ini kami akan "share" kasus yang dihadapi oleh salah satu customer kami, silahkan menyimak :

Ada Customer yang bertanya kepada saya kalo mau breakdown nama item di down payment apakah bisa ??
Jawab : Bisa, dengan cara sales order dimunculkan jumlah down payment & sisa yang masih harus dibayar. Di sales order kan ada nama – nama item nya. (Gambar2)

  1. Kalo saya maunya down payment yg dibayar dibagi sama rata dengan jumlah barang yang di pesan bagaimana, jadi langsung mengurangi unit pricenya ??
Jawab : Bisa juga , caranya begini (Silahkan Simak Gambar Berikut)

Langkah Selanjutnya :
  1. Form Tempalates
  2. Pilih Form yang mau di desain
  3. Pakai Reserved 1 (Seperti Gambar 1 Angka)
  4. Designer
  5. Masukkan Rumus di Bagian Unit Price Seperti ; [[Unit Price]-([[Down Payment]/[Reserved1]])]
  6. Masukkan Rumus di Bagian Amount Seperti ;
[[Quantity]*([[Unit Price]-([[Down Payment]/[Reserved1]])])]

  1. Masukkan Rumus di Bagian Sub Total nya Seperti ;
[SUM([[Quantity]*([[Unit Price]-([[Down Payment]/[Reserved1]])])])]

  1. Sehingga akan mendapatkan hasil seperti di gambar ke 2
  2. Selamat Mencoba !!
  3. Nah ini contoh Penampakan masukin Rumus :
 Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Software Accurate

Anda sedang bingung mencari Software Akuntansi yang tepat untuk Pembukuan Usaha/ Perusahaan?
Apakah ini beberapa permasalahan yang sedang anda hadapi? :
  • Sulit melacak keluar masuk barang dan memantau stok
  • Sulit Memantau Hutang/Piutang Vendor/Customer
  • Sulit Memantau Umur Hutang/Piutang
  • Ingin mengetahui Laba dengan cepat
  • Ingin Punya Laporan keuangan siap saji
  • Kuatir salah hitung ketika pembayaran hutang
  • Kuatir pembayaran dari pelanggan tidak disetorkan ke Bank
ACCURATE Accounting Software akan Membantu anda menyelesaikan pekerjaan dengan mudah, meskipun anda kurang menguasai "AKUNTANSI".
ACCURATE Accounting Software adalah Software Akuntansi yang dapat membantu pengusaha melakukan pencatatan pembukuan, transaksi penjualan, pembelian, inventory, dsb serta penyusunan laporan keuangan hanya dalam beberapa langkah mudah serta cepat dan akurat.

ACCURATE Accounting Software dua bahasa ( Inggris, Indonesia) dikembangkan sejak 1999 oleh PT Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft Developer of ACCURATE Software) dan telah diaplikasikan oleh lebih dari 40.000 pengguna dan Bekerja sama dengan lebih dari 30 Universitas terkemuka Indonesia sebagai mitra Accurate.

ACCURATE merupakan Program pembukuan perusahaan dalam bentuk Paket Modul lengkap Siap pakai yang terdiri dari General Ledger, Cash/Bank, Inventory, Purchase, Sales, Fixed Asset, dan tersedia Untuk Varian Project dan Manufaktur, Yang bisa diaplikasikan Di berbagai Jenis dan Skalau usaha Kecil menengah bagi perusahaan baik yang bergerak di bidang Trading,Distribusi, Service, atau Manufaktur dan lain sebagainya.

Bagi Anda Perusahaan PKP ACCURATE juga Menyediakan Faktur Pajak yang bisa langsung Dicetak saat membuat Invoice.
Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Memotong Piutang Dengan Hutang Atau Sebaliknya

Berikut langkah-langkah melunasi piutang dan hutang;
Untuk Penjulan/Sales Receipt;
  1. Buka modul Aktivitas|Penjualan| Penerimaan Penjualan atau Activities | Sales | Sales Receipt, lalu pilih pelanggan/customer yang dimaksud, pilih faktur yang piutangnya mau dipakai untuk melunasi hutang kita ke vendor tersebut. Isi kolom Payment Amount sejumlah hutang yang mau dilunasi, lalu enter.
  2. Klik kanan dibaris Invoice tadi lalu pilih Disc Info/Write off, di tampilan Discount Info isi Discount Amount sejumlah Piutang yang mau dipotong dan Disc Account isi dengan account Perantara (type akun boleh Cash/Bank atau Other Current Asset/Aktiva Lancar Lainnya).
  3. Klik Ok lalu Simpan and Tutup.
Untuk Pembelian/Purchase Payment

  1. Buka modul Aktivitas|Pembelian|Pembayaran Pembelian atau Activities | Purchase | Purchase Payment, lalu pilih Pemasok/Vendor, centang faktur yang akan dilunasi, isi kolom Payment Amount sejumlah Hutang yang mau dilunasi, lalu enter.
  2. Klik kanan dibaris Invoice tadi pilih Disc Info/Write off, di tampilan Disc Info isi Disc Amount sejumlah Hutang yang mau dilunasi dan Disc Account isi dengan Account Perantara yang sama dengan account yang dipilih di Discount Amount di Sales Received diatas.
  3. Klik Ok lalu Simpan and Tutup.
Catatan : Jadi pada akhirnya Account Perantara yang kita pakai akan Rp 0 saldo nya.

(Tersedia untuk Accurate v3 & Accurate v4)
 
Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Menampilkan Logo Perusahaan Waktu Print /Cetak Faktur

Berikut langkah-langkah menampilkan gambar Logo Perusahaan di preview dan Cetak/Print Faktur Penjualan :
  1. Setup | Form Template | Sales Invoice. Edit template Invoice yang dimaksud.
  2. Di tampilan Form Template Field Selection tsb pilih halaman Company Info, centang option Use Logo.
  3. Klik button Load Logo, browse dimana file gambar logo perusahaan kita disimpan, format file contoh dengan format jpg.
  4. Untuk mengatur posisi dan besar gambar, klik button DESIGNER. Setelah selesai melakukan pengaturan klik Close dan pilih Yes untuk konfirmasi Save Changes.
Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Senin, 18 Juni 2012

Cara Pencatatan Penerimaan Pembayaran Dari Penjualan Yang Kena Ppn Da...




Misalkan kita melakukan penjualan kepada PT. Selaras dengan menggunakan mata uang USD, di sini contohnya kita menjual AC dengan harga $500 dan kena PPN sebesar $50, sehinggan total tagihan adalah $550.
Di sini kita klik – Aktifitas – Penjualan – Faktur Penjualan

Kemudian kita akan melakukan pencatatan pembayaran
Kita masuk ke Aktifitas – Penjualan – Penerimaan Penjualan
Di sini kita akan mencatat penerimaan pembayaran sebanyak 2x, yang pertama adalah mencatat pembayaran DPP (secara USD), yang kedua adalah mencatat pembayaran PPN nya (secara IDR).
Di sini terlihat pada bagian Owing bahwa Total Owing adalah $500 dan PPN nya adalah Rp 500.000,00.


Kemudian kita catat penerimaan DPP dahulu ,pada saat pencatatan penerimaan DPP ini kita tidak boleh mencentang menu ‘Fiscal Payment’. Menu ini hanya digunakan pada saat kita hendak mencatat pembayaran PPN.

Kemudian barulah kita mencatat penerimaan pembayaran PPN, yaitu dengan mengklik bagian dari menu ‘Fiscal Payment’ dan PPN yang dibayarkanpun pasti dalam bentuk Rupiah
Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Cara Penginputan Teransaksi Penjualan Untuk Perusaan Di Bidang Jasa Pengharum

Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Cannot Delete Fixed Asset Depreciration

Muncul konfirmasi “Cannot Delete Fixed Asset Depreciation” waktu mau menghapus Jurnal Depresiasi Fixed Asset hasil Period End dari List | General Ledger | Journal Voucher | memilih Type “Depreciation”.

Yang membuat satu Journal Depresiasi tidak bisa di hapus dengan konfirmasi seperti diatas dikarenakan :

1. Sudah ada jurnal Period End di periode didepan Jurnal Depresiasi yang akan di hapus. Misal yang kita mau hapus adalah Jurnal Depresiasi bulan Feb 2010. Ternyata kita sudah melakukan Period End sd April 2010. Maka yang harus di hapus adalah Jurnal Depresiasi April 2010 dahulu, kemudian hapus Depresiasi Maret 2010, baru kemudian kita bisa hapus Jurnal Depresiasi Feb 2010.

Cara mengetahui ada Journal Depresiasi didepan periode yang akan dihapus, kita bisa ke List | General Ledger | Journal Voucher | memilih Type “Depreciation”, lalu Uncheck “Filter by Date”.

2. Ada pengeditan atau Disposed Fixed Asset setelah dilakukan Period End Feb 2010(misal mau hapus Depresiasi Feb 2010). Untuk mengetahui apakah ada Fixed Asset yang di edit atau di Dispose setelah dilakukan Period End Feb 2010, kita bisa ke List | Fixed Asset | Fixed Asset List, disetiap baris Fixed Asset diklik kanan lalu cek menu “Delete Last Edit” aktif(tulisannya hitam) atau tidak(abu-abu). Jika warna nya hitam, berarti memang ada pengeditan atas Fixed Asset tersebut, klik menu tersebut untuk ACCURATE menghapus pengeditan terakhir. Lalu cek kembali apakah menu Delete Last Edit tsb masih aktif(untuk memastikan untuk satu FA tsb barangkali mengalami pengeditan lebih dari sekali).

Jika semua baris Fixed Asset sudah dipastikan tidak ada pengeditan lagi, seharusnya kita sudah bisa menghapus jurnal Depresiasi bulan tsb.

Period End harus diulang

Period End harus dilakukan ulang, jika terjadi pengeditan di bulan ybs untuk transaksi-transaksi yang berhubungan dengan akun Cash/Bank, Hutang/Piutang dan Fixed Assets.

Untuk mengulang Period End dapat dilakukan melalui menu Activities | Periodic | Period End, ACCURATE secara otomatis akan me-replace nilai Period End sebelumnya.
Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Menanpilkan Halaman Page OF Total Page

Berikut ini langkah-langkah untuk menampilkan informasi halaman di template :
  1. Setup | Form Template, edit template yang dimaksud
  2. Klik button Designer
  3. Buat memo baru dengan cara klik icon “Insert Rectangle Object” yang ada di toolbar designer.
  4. Lalu klik dimana kita mau tampilkan informasi halaman tsb, misal di pojok kanan bawah bagian Footer. Akan keluar Tex Editor, isi dengan : [PAGE#] of [TOTALPAGES]
  5. Klik tanda cawang/Ok di Text Editor tsb, lalu klik button CLOSE dipojok kanan atas Designer, pilih Yes untuk konfirmasi Save Changes. 

Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com          

    FUNGSI PERIODE END

     Apa saja yang dilakukan ACCURATE pada saat kita melakukan Period End(Activities | Periodik | Period End) :

    Menghitung & Menjurnal Selisih Kurs

    Jika data ada mata uang(currency) lebih dari satu, maka pada saat Period End akan diminta mengisi Rate Pelaporan untuk Periode yang dipilih. Yang akan dilakukan ACCURATE adalah mengadjust Account-account Cash/Bank, AR dan AP mata uang asing sesuai dengan Rate Period End.

    Hasil dari proses Period end untuk account-account mata uang asing tsb bisa dilihat dari List | General Ledger | Journal Voucher, Type Period End.

    Menghitung & Menjurnal Penyusutan Fixed Asset

    Jika kita sudah melisting Fixed Asset kita di List | Fixed Asset List, maka ACCURATE akan menghitung & menjurnal Penyusutan Fixed Asset sampai dengan periode yang kita pilih waktu Period End.

    Misal kita sudah Period End Jan, lalu langsung Period End April, maka penyusutan untuk Feb Maret dan April akan akumulatif di posting di bulan April. Karena itu sebaiknya Period End dilakukan setiap bulan.

    Hasil dari proses Period end untuk Penyusutan Fixed Asset tsb bisa dilihat dari List | General Ledger | Journal Voucher, Type Depreciation Asset.

    Menghitung & Menjurnal WIP Inventory & Variance Exp(bagi pengguna versi Enterprise)

    ACCURATE akan menghitung berapa WIP Inventory pada periode yang dipilih, yaitu Proses Produksi yang masih dalam proses sampai dengan akhir bulan. Diambil dari selisih nilai yang sudah di Release dengan yang sudah di Result.

    Selain itu juga menghitung berapa nilai Variance expense dari WIP Standard dibandingkan WIP Actual, dll.

    Hasil dari proses Period end untuk WIP Inventory dan Variance tsb bisa dilihat dari List | General Ledger | Journal Voucher, Type Production Period End.

    Catatan :

    Jadi pengertian Period End bukanlah proses tutup buku tahunan atau bulanan. Karena pada prinsipnya Period End di Accurate dapat dilakukan kapan saja dan tidak harus di akhir bulan.
    Jika kita sudah melakukan proses Period End, tetapi ada transaksi mata uang asing atau Aktiva Tetap yang ketinggalan pada periode yang sudah di Period End, setelah dilakukan penambahan kita tinggal lakukan Period End ulang untuk periode tersebut dan periode-periode setelahnya.

    Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
    Segera Hubungi
    San-San
    Telp : (021) 70303046 / 47
    Sms : 0857 7000 2668
    Email : marketing@softwareaccurate.com
    http://www.programaccurate.com

    Minggu, 17 Juni 2012

    Dp Penjualan Dan Pengalokasiannya Ke Faktur


    1. Dari Activities(Aktivitas) | Sales(Penjualan) | SO(Pesanan Penjualan), Input pesanan penjualan seperti biasa dengan memilih Customer dan Item-item yang dipesan berikut harga nya. Kemudian klik button DownPayment diatas.
    2. Akan muncul Form Sales Invoice(Faktur Penjualan) yang sudah ada isi item DP nya dengan Unit Price sebesar Total SO kita. Ganti Unit Price sebesar DP yang akan ditagihkan saja. Kemudian klik button Pay dibawah atau Sales Receipt diatas.
    3. Ditampilan Sales Receipt, isi Cash/Bank dan tanggal sesuai tanggal pelunasan lalu Save&Close. Ditampilan Faktur Penjualan dan SO juga kita Save&Close.
      Selesai untuk proses Pencatatan Pesanan Penjualan dengan DP.
    4. Untuk tagihan sisa nya, dari Activities | Sales | Sales Invoice, pilih Customer lalu pilih Select SO disamping nama Customer, pilih SO No yang kita buat di langkah 1 diatas, otomatis Item-item dari Pesanan akan muncul di Tab Item, dan DP SO sebagai nilai yang dipotong akan tampil di Tab Use DP. Save&Close

    Catatan :

    Dengan cara diatas, Invoice tagihan sisa jurnal nya AR sudah dipotong DP, di preview SI secara default tidak menampilkan DownPayment, untuk menampilkan nya:

    1. Dari Designer Template (Setup | Form Template | Sales Invoice, edit template yang dimaksud, lalu klik Designer)
    2. Buat memo baru dengan cara klik Icon “Insert Rectangle Object” yang ada didaftar icon2 diatas, lalu klik di bagian Footer Invoice dimana mau ditampilkan, lalu isi dengan [[Down Payment]*1.1] => jika DP selalu kena pajak.
    3. Dan buat satu Memo lagi, isi dengan [[Invoice Amount]-[[Down Payment]*1.1]] sebagai Total Invoice setelah dikurangi DP.
    4. Masih di Designer, dari File | Data Dictionary, pilih Folder Invoice | Say. Klik sekali di “Say”, lalu ganti bagian Expression dibawah dari SayIt( [Invoice Amount] ) menjadi SayIt([[Invoice Amount]-[[Down Payment]*1.1]]                                                                                                                                                                                        

    CARA MENCATAT TERANSAKSI PADA 1 PERUSAHAAN

    Salah 1 customer bertanya kepada saya , dan pertanyaan itu sebagai berikut :

    1. saya ingin menyakan bagaimana cara mencatat transaksi apabila suatu perusahaan memberikan pinjaman kepada karyawannya, kemudian karyawan tersebut membayar pinjaman tersebut dalam jangka waktu 1 bulan. Proses pencatatan transaksi tersebut seperti apa jika menggunakan accurate software.

    Jawabnya : Pada saat mengeluarkan uang untuk karyawan dari modul Buku Besar - Bukti Jurnal Umum - Piutang karyawan di debet pada Kas, pada saat menerima pengembalian dari karyawan Buku Besar - Bukti Jurnal Umum - Kas pada Piutang karyawan.



    2. Perusahaan kami bergerak didalam bidang Pelayanan barang dan jasa, yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mencatat semua pengeluaran yang dikeluarkan untuk oleh perusahaan kami sesuai dengan proyek pekerjaan kami, misalnya perusahaan kami ini bergerak dalam bidang konstruksi pembangunan sebuah gedung kantor A. yang kami ingin tau adalah berapa banyak pengeluaran yang kami keluarkan untuk 1 proyek pembangunan gedung A tersebut.

    Jawabnya : Untuk melihat pengeluaran apa saja untuk proyek A, silahkan Ibu ke Laporan - Daftar Laporan - Laporan Proyek - Laba rugi per proyek - Pilih poyek A - OK


    3. Perusahaan kami ini terdiri dari beberapa perusahaan (Perusahaan A, B, dan C ) tapi semua pencatatan transaksi baik pemasukan dan pengeluaran dari masing - masing perusahaan di catat pada Perusahaan A yang ingin saya tanyakan apabila perusahaan B dan C membeli barang dari beberapa pemasok bagaimana mencatat transaksi tersebut menggunkan Accurate berdasarkan masing-masing departemen tersebut.

    Jawabnya : Input seperti biasa di accurate dan jangan lupa masukkan departement nya.

    Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
    Segera Hubungi
    San-San
    Telp : (021) 70303046 / 47
    Sms : 0857 7000 2668
    Email : marketing@softwareaccurate.com
    http://www.programaccurate.com

    Cara Daftar Kode Pajak

    Daftar Kode Pajak (Taxes) adalah Tabel yang menampilkan Kode Pajak. Kode Pajak berfungsi utnuk menghitung Pajak secara otomatis dan akan dicatat ke dalam Default Account yang dipilih.

    Kode Pajak (Tax Codes) yang dapat ditampilkan dalam Daftar ini adalah :

    1. Kode Pajak PPN : Jika aktifitas pembelian dan penjualan di Perusahaan Anda dikenakan PPN, maka Anda dapat membuat Kode untuk PPN tersebut agar pada saat Anda mencatat transaksi pembelian atau penjualan, Anda dapat menginput kode ini pada Formulir Pembelian atau Penjualan sehingga ACCURATE dapat menghitung dan menampilkan nilai PPN pada Formulir Pembelian dan Penjualan tersebut secara otomatis.

    1. Kode Pajak PPnBM : Jika aktifitas pembelian dan penjualan di Perusahaan Anda dikenakan PPnBM, maka Anda dapat membuat Kode untuk PPnBM tersebut agar pada saat Anda mencatat transaksi pembelian atau penjualan, Anda dapat menginput kode ini pada Formulir Pembelian dan Penjualan sehingga ACCURATE dapat menghitung dan menampilkan nilai PPnBM pada Formulir Pembelian dan Penjualan tersebut secara otomatis.

    1. Kode Pajak PPh 23 : Jika aktifitas pembelian atau penjualan di Perusahaan Anda dikenakan merupakan Objek PPh 23, maka pada Daftar ini Anda dapat membuat Kode untuk PPh 23 tersebut agar pada saat Anda mencatat penerimaan pelanggan atau Pembayaran Pembelian atas transaksi yang merupakan objek PPh 23, Anda dapat memilih kode pajak ini sehingga ACCURATE dapat menghitung dan menampilkan nilai PPh 23 yang dipotong pada formulir tersebut.

    CARA MEMBUAT DAFTAR KODE PAJAK

    Anda dapat membuat daftar kode pajak yang akan Anda gunakan dalam transaksi dengan mengikuti petunjuk di berikut ini:
    a. Klik menu titama List — Others-Taxes-New

    Isi formulir New Tax dengan mengikuti petunjuk di bawah ini:
    1. Name : Isi dengan nama Pajak. Misalnya: PPN
    2. Rate % : Isi dengan pesentase rate pajak tea sebut.
    3. Code : Ketik kode pajak yang Anda inqinkan. Kode ini nantinya
      yang akan Anda gunakan path formula Purchase dan sales.
    4. Description : Kenk deskripsi sinqkat tentanq mak tersebut.
    5. Sales Tax Account : Pada kolom akun default yang akan mencatat pajak
      tersebut pada saat Anda mencatat kode pajak tersebut
      pada saat anda mencatat kode pajak path aktifitas pembelian.
    6. Purchase Tax Acc : Pada kolom ini pilih akun default yang akan mencatat
      pajak tersebut pada saat Anda mencatat kode pajak
      tersebut path Aktifitas pembelian.

    C. Klik tombol OK untuk menyimpan Kode Pajak yang baru saja Anda input.

    Kode pajak tersebut dapat Anda tampilkan di dalam formula yang berhubungan dengan penjualan seperti Sales Order, Sales invoice, Sales Return, dan yang berhubungan dengan pembelian seperti Purchase Order, Purchase Invoice dan Purchase Return. pada Kode Pajak ini nantinya akan menghitung Pajak secara otomatis dan akan dicatat ke dalam GL Account yang dipilih. Kode Pajak berhubungan dengan 3 form list yaitu Daftar Pelanggan (Customer List), Daftar Vendor (Vendor List) dan Daftar Barang dan .lasa (Item List).

    Saat rnembuat transaksi pembellan dan penjualan yang berhubungan dengan pajak (PPN, PPh 23 Final, PPnBM) Anda tinggal memasukkan kode pajak yang Anda inginkan pada formula pembelian atau penjualan, maka ACCURATE secara otomatis akan menqhitung nilai pajak dengan cara mengalikan tarif pajak dan rnencatatnya ke akun default yang telah Anda tentukan.
      Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
     
    Segera Hubungi
    San-San
    Telp : (021) 70303046 / 47
    Sms : 0857 7000 2668
    Email : marketing@softwareaccurate.com
    http://www.programaccurate.com
     

    Pembatalan Finishing Job Costing

    1. Membatalkan Finishing Job Costing To Item (Roll Over To Item)

    Pembatalan finishing job costing To Item (Roll Over To Item) dapat dilakukan melalui menu utama List [Daftar] à Inventory Adjustments [Penyesuaian Persediaan] dengan cara:

      1. Pada tampilan list Inventory Adjustments filter tanggal sesuai dengan tanggal Finishing Job Costing
      2. Find formulir Finishing Job Costing yang ingin dibatalkan dengan cara mengetikkan "Cost Roll Over For Job Order No (ketikkan nomor Job Costing Anda)
      3. Klik kanan pada bans Inventory Adjustment yang merupakan Roll Over dari Job Costing yang finishingnya akan dibatalkan, lalu pilih DELETE;
      4. Klik OK pada tampilan window confirm yang ditampilkan ACCURATE.

    2. Membatalkan Finishing Job Costing To Account (Roll Over To Account)

    Pembatalan finishing job costing to account (Roll Over To Account) dapat dilakukan
    melalui menu utama List [Daftar] à General Ledger [Buku Besar] à Journal Voucher [Bukti Jurnal] dengan cara:

    1. Pada tampilan list Journal Voucher, filter tanggal sesuai dengan tanggal Finishing Job Costing, kemudian filter (pilih) Type Roll Over Goods.
    2. Klik kanan pada bans Journal Voucher yang merupakan Roll Over dari Job Costing yang finishing-nya akan dibatalkan lalu pilih DELETE.
    3. Klik OK pada tampilan window confirm yang ditampilkan ACCURATE.
    Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
    Segera Hubungi
    San-San
    Telp : (021) 70303046 / 47
    Sms : 0857 7000 2668
    Email : marketing@softwareaccurate.com
    http://www.programaccurate.com

    Kamis, 14 Juni 2012

    PROGRAM ACCURATE: UPGRADE SOFWARE DARI ACCURATE 3 KE ACCURATE 4



    Sejak awal tahun 2012 banyak sekali customer ACCURATE yang melakukan upgrade SOFTWARE dari ACCURATE 3 ke ACCURATE 4

    Pertanyaan yang dikhawatirkan para pengguna ACCURATE adalah ‘Apakah saat upgrade dari ACCURATE 3 ke ACCURATE 4, kita harus membuat Database baru sehingga kita harus Cut Off ulang data di ACCURATE 4?

    Kita tidak perlu cut off ulang database baru di ACCURATE 4. Caranya adalah kita langsung buka database lama ACCURATE 3 di tersebut di ACCURATE 4, syaratnya adalah Database ACCURATE 3 tersebut haruslah versi 1734.


    Berikut adalah caranya :

    Di sini kita seperti biasa ,kita buka database ACCURATE 3 tersebut,

    kemudian pada saat kita tekan tombol OK maka akan muncul perintah seperti di atas. Lalu kita tekan ‘Yes’ saja dan ACCURATE akan menyesuaikan/Mencompariring database lama ACCURATE 3 tersebut menjadi database yang bisa dipakai untuk ACCURATE.

    Data-data lama hasil inputan kita di ACCURATE 3 tetap bisa dilanjutkan di ACCURATE 4 tanpa harus Cut Off ulang data. Proses Compairing ini membutuhkan waktu beberapa menit tergantung dari besar Database tersebut, jika ukuran database makin besar maka proses compairing juga akan memakan waktu yang lebih lama pula dikarenakan banyaknya peneyesuaian data dan sebaliknya jika ukuran data kecil maka proses comapiring juga akan terjadi secara cepat.

    NB : Ada baiknya sebelum kita mengupgrade data tersebut ke ACCURATE 4, kita backup database ACCURATE 3 tersebut ke suatu folder lain. Tujuannya adalah menjaga apabila terjadi error dalam proses compairing data ke ACCURATE 4.

    semoga tips ini dapat membantu pembaca sekalian.

    Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
    Segera Hubungi
    San-San
    Telp : (021) 70303046 / 47
    Sms : 0857 7000 2668
    Email : marketing@softwareaccurate.com
    http://www.programaccurate.com

    Selasa, 12 Juni 2012

    BAGAIMANA MELAKUKAN REGISTRASI ACCURATE 4 SECARA ONLNE INTERNET

    PROSEDUR REGISTRASI ONLINE
    1. Silahkan masuk ke http://register.cpssoft.com, login dengan User Name and Password
    yang di dapat pada saat pembelian ACCURATE.

    2. Secara default akan ditampilkan PROFIL PERUSAHAAN, isi profil perusahaan dengan
    lengkap. Klik button Ubah Profil Perusahaan untuk kita bisa isi bagian ini, setelah selesai
    klik button Submit untuk menyimpan perubahan.

    3. Untuk Registrasi klik bagian Daftar Serial Number, secara default yang akan
    ditampilkan adalah Tab Daftar Serial No.,

    4. Untuk proses registrasi silahkan klik tab Registrasi Serial No.

    Computer No: Diisi dengan Personal Code computer yang akan di registrasi.
    Informasinya di dapat dari Help – Register di ACCURATE.
    License No : Diisi dengan License No yang didapat waktu beli ACCURATE. Contoh
    diatas License Number nya adalah WWAD0-JGRI0-Q5QP0-121DE.
    Klik button Registrasi Serial No untuk mendapatkan Serial Number yang akan
    otomatis menambah Daftar Serial No Personal code & Serial Number yang sudah
    diregistrasi.

    Semoga Informasi ini berguna untuk pengguna PROGRAM AKUNTANSI ACCURATE

    Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
    Segera Hubungi
    San-San
    Telp : (021) 70303046 / 47
    Sms : 0857 7000 2668
    Email : marketing@softwareaccurate.com
    http://www.programaccurate.com

    ACCURATE ACCOUNTING SOFTWARE : IMPORT TRANSACTION PADA ACCURATE 4

    Kembali saya menulis artikel tentang ACCURATE 4,
    Pada kesempatan kali ini penulis ingin memberikan tips dan trik tentang "import transaksi" pada Accurate versi 4.

    Syarat :

    1. Transaksi yang di import juga harus transaksi dari accurate versi 4
    2. Memiliki Data Pelanggan, Pemasok, COA, ITEM yang sama antara pusat dan cabang

    Kasus :
    Perusahaan "Sukses Abadi" memiliki cabang.

    Kantor cabang dan  kantor pusat menggunakan Accurate,setiap minggu kantor cabang kesulitan menginput

    satu persatu transaksi, tetapi dengan Accurate versi 4 anda tidak perlu menginput melainkan
    IMPORT transksi .

    Kantor Cabang :
    Cara eksport dari Accurate ke bentuk XML
    1. FIle --> Export Import Transaction
    2. Mem-filter tanggal transaksi
    3. Memilih type transaction yang akan di import, Contoh Delivery Order
    maka di beri tanda group of sales centang di bagian delivery order
    4. Klik refresh --> muncul transaksi delivery order
    5. di beri tanda transaksi mana yang di eksport
    6. Klik Eksport --> muncul kotak save as
    7. Simpan transaksi dalam bentuk type XML
    8. Muncul "finished extract data" --> terbuat 1 file baru di derctory yang
    anda simpan dalam bentuk XML, Contoh : "transaksi DO.xml"


    Kantor Pusat :
    Cara Import dari XMl ke Accurate
    1. File -->  Export Import Transaction
    2.Klik Import, pilih file transaksi dalam bentuk xml
    3. Klik Import
    4. Jika sukses, transaksi pasti akan masuk, tapi jika gagal ada
    kemungkinan nomor voucher atau invoicenya sama.

    Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
    Segera Hubungi
    San-San
    Telp : (021) 70303046 / 47
    Sms : 0857 7000 2668
    Email : marketing@softwareaccurate.com
    http://www.programaccurate.com