Kamis, 19 April 2012

Melakukan Down Payment (DP) pembelian pada Accurate

Minggu lalu ada salah satu customer Accrurate, sebut saja PT. AAA bergerak di bidang trading dan menggunakan Accurate Versi 4. Beliau mengirimkan pertanyaan melalui email “Bagaimana cara melakukan DP pembelian dalam accurate versi 4?”

Berikut ini jawaban dari Implementor kami :

  1. Dari Activities(Aktivitas) | Purchase(Pembelian) | Purchase Order(Pesanan Pembelian), Input pesanan pembelian seperti biasa dengan memilih Vendor dan Item-item yang dipesan berikut harga nya. Kemudian klik button DownPayment diatas.
  2. Akan muncul Form Purchase Invoice(Faktur Pembelian) yang sudah ada isi item DP nya dengan Unit Price sebesar Total PO kita. Ganti Unit Price sebesar DP yang akan ditagihkan saja. Kemudian klik button Purchase Payment diatas. Hasil Jurnal Purchase Invoice tsb adalah Advanced Purchase(D) pada Hutang Dagang(K).
  3. Ditampilan  Purchase Payment, isi Cash/Bank dan tanggal sesuai tanggal pelunasan lalu Save&Close. Ditampilan Faktur Pembelian dan PO juga kita Save&Close. Hasil Jurnal Pelunasan DP  Hutang Dagang(K) pada Cash/Bank(K).
Selesai untuk proses Pencatatan Pesanan Penjualan dengan DP.

4. Jika ada proses penerimaan barang sebelum terima faktur, mencatat penerimaan barang dari Activities | Purchase | Receive Item, Pilih Vendor lalu pilih option Select PO di samping nama Vendor tsb. Jurnal yang terjadi disini adalah  Inventory(D) pada Unbilled Goods(K).
5. Untuk tagihan sisa nya, dari Activities | Purchase | Purchase Invoice, pilih Vendor lalu pilih Select PO disamping nama Vendor, pilih PO No yang kita buat di langkah 1 diatas, otomatis Item-item dari Pesanan akan muncul di Tab Item, dan DP PO sebagai nilai yang dipotong akan tampil di Tab Use DP. Save&Close. Jika Select PO, jurnal yang terbentuk adalah Inventory(D) pada Hutang Dagang(K) dan Advanced Purchase(K).

Jika kita melalui langkah no.4 diatas, Di Purchase Invoice yang dibuat di langkah ke5 ini, kita pilih Select RI. Jika Select RI, jurnal yang terbentuk adalah Unbilled Goods(D) pada Hutang Dagang(K)dan Advanced Purchase(K). Sehingga Purchase Invoice tersebut akan terhutang sebesar sisanya yang sudah dipotong DP.

Berlaku pada Accurate Versi 4

Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com