Rabu, 18 Mei 2011

PROGRAM ACCURATE UNTUK PERUSAHAAN SHOWROOM RETAIL PART II

Program Accurate Untuk Perusahaan Showroom Retail Bagian 2

2. Manajemen inventory (controlling penyimpanan persediaan dan penerapannya kedalam program accurate

Masalah inventory atau persediaan, biasanya menjadi masalah yang sangat kompleks dalam suatu perusahaan, khususnya bagi perusahaan yang bergerak dibidang retail. Apalagi retail showroom yang sifatnya adalah konsinyasi, yang menitipkan barang-barangnya ke outlet atau showroom. Tentunya lebih repot lagi untuk mengontrol inventory nya. Inventory menjadi assets nomor 1 dalam perusahaan tersebut. Secara manajemen yang benar, inventory haruslah terupdate secara kuantitas, kode barang dan tempat penyimpanannya baik secara data maupun secara fisik. Karna hal ini sangatlah penting bagi bagian gudang untuk melakukan pengontrolan stok dan juga sangat membantu bagian penjualan untuk melakukan penjualan. Pernah terbayang tidak untuk perusahaan trading yang berskala besar tetapi tidak menggunakan program, tetapi ingin mengontrol stok nya dengan akurat...?? waw.. pasti sangat sulit sekali, bahkan mungkin tidak bisa. Nah, tetapi jangan khawatir.. jika anda menggunakan program accurate accounting, anda tidak perlu repot-repot lagi dengan permasalahan tersebut. Karna program accurate menyediakan fitur-fitur yang sangat membantu untuk permasalahan-permasalahan tersebut.

Berikut tips dan trik dari saya menyangkut penerapannya kedalam program accurate accounting software, pastikan anda terus mengikuti nya :

A. Mengklasifikasikan inventory berdasarkan gudang

Umumnya, untuk perusahaan showroom retail yang menitipkan barang-barang dagangnya ke outlet-outlet atau showroom-showroom, maka outlet atau showroom tersebut adalah dianggap sebagai gudang dari kantor pusat. Atau jika kita ingin mengklasifikasikan barang-barang kita sesuai dengan fungsinya masing-masing kedalam gudang yang berbeda, kita juga dapat melakukannya didalam program accurate. Berikut langkah-langkahnya :

1. Pada program accurate, masuk ke modul persediaan -> daftar gudang -> klik tombol baru (untuk membuat gudang baru)

2. Isi : nama gudang, keterangan, alamat dan nama penanggung jawabnya (jika diperlukan), lalu simpan dan tutup.

Untuk perpindahan barangnya dari gudang 1 ke gudang yang lain, baca tips dan trik dari saya pada postingan sebelumnya : PROGRAM ACCURATE UNTUK PERUSAHAAN SHOWROOM RETAIL PART I

B. Membuat sub barang

Dalam program accurate, barang dapat dibuat secara sub. Untuk mengklasifikasikan barang kemasing-masing bentuk atau jenisnya.

Contoh : PT. ABC memiliki persediaan komputer sebagai induk, yang terdiri dari monitor, cpu, speker, keyboard dan mouse sebagai anaknya.

Maka cara pembuatannya didalam program accurate adalah :

1. Dalam program accurate, pada modul persediaan, buat barang baru dengan nama komputer (modul persediaan -> barang dan jasa -> klik baru -> tipe barang : persediaan -> isi kode dan nama barang)

2. Buat barang baru lagi dengan nama barang monitor, centang sub barang dari, pilih induk barangnya komputer, lalu klik OK. Begitu juga dengan cpu, speker, keyboard dan mouse.

C. Menyimpan barang-barang ke rak-rak penyimpanannya masing-masing

Program accurate dapat digunakan juga untuk menempatkan barang-barang kedalam rak penyimpanannya masing-masing, yang sangat memudahkan bagian gudang untuk mencari barang-barang tersebut. Berikut cara pengaplikasiannya dalam program accurate accounting software :

1. Program accurate -> modul persediaan -> barang dan jasa -> double klik salah satu barang yang akan ditempatkan ke rak tertentu

2. Pada tab kolom lain -> klik tombol tambahan -> ganti kolom 1 dengan kode rak -> kolom 2 dengan nama rak, dan selanjutnya dengan nama yang nantinya akan diperlukan untuk laporan persediaan.

3. Klik tombol OK, lalu OK lagi.

Nah.. akhirnya sekarang kita dapat mengontrol persediaan kita dengan mudah dan akurat. Bahkan laporan persediaannya pun bisa dipisah-pisahkan sesuai dengan gudang, jenis, sub, dan tempat penyimpanannya masing-masing, sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Sekian tips dan trik dari saya pada postingan ini, tunggu next post dan ikuti terus seputar tips dan trik program accurate accounting software pada postingan selanjutnya.

Selamat mencoba dan salam sukses....

Informasi lebih lanjut hubungi :

Samuel (accurate consultant) : 08988240430

Atau langsung ke kantor APS : 021-27970007

visit our official website : www.programaccurate.com