Rabu, 20 Juni 2012

CARA MENGINPUT OUT STANDING GIRO

Mungkin ada beberapa pertanyaan mengenai cara menginput outstanding giro dari para pembaca..
Masalah yang ditemui adalah jika saya menyerahkan giro untuk beban A pada contohnya bulan januari, tetapi mereka baru mengambil penarikannya pada bulan febuari. Kalau begitu bagaimana yah menginputnya? Saya telah menganggap dan mencatat bahwa pengeluaran tersebut ada pada bulan januari, tetapi riilnya pengeluaran dari bank adalah pada bulan februari.

Jika ada masalah seperti itu, maka kita dapat menggunakan modul bukti jurnal umum.

Seperti biasa kita dapat membuat jurnalnya dahulu dengan beban A pada posisi debit dan Beban masih harus dibayar pada posisi kredit.

Dengan begitu, maka beban tersebut telah tercatat dan digantungkan pada akun beban masih harus dibayar yang berada pada posisi hutang lancar.

Setelah itu pada saat bulan februari dan ingin rekonsiliasi bank maka baru terlihat adanya pengeluaran pada tanggal XX, maka kita mencatat pengeluaran giro pada kas dan bank -> pembayaran dengan mencatat dengan nama akun Beban masih harus dibayar dan tanggal yang ditulis adalah tanggal giro itu dicairkan oleh si penerima.

Dengan pencatatan pembayaran tersebut, maka akun beban masih harus dibayar yang menggantung akan menjadi 0 kembali.

Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com